logo mmi_okRiau Hitam-Putih International adalah event worldmusic terbesar di Indonesia yang tak hanya berbicara soal musik-musik yang kuat pijakannya pada musik tradisi tempatan, namun juga selalu mengedepankan nilai edukasi yang berbasis seni budaya, menjadi salah satu event pariwisata dan pengembangan industri ekonomi kreatif dalam bidang seni musik.

Dilaksanakan sejak tahun 2002 silam, festival ini telah diikuti lebih 1000 orang musisi jemputan terbaik dalam dan luar negeri yang dikurasi oleh Kurator. Sebut saja seperti, Dwiki Darmawan dengan Krakataw nya, Gilang Ramadhan bersama Nera, Djadug Ferianto, Ron Reeves dari Australia, Vincent Mc Dermot dari USA, Soichi Iwamoto dari Jepang, Sangeta Isvaran dari India, Jart Hassan dengan Fieldplayers nya dari Malaysia, dan begitu banyak nama besar lainnya yang tak dapat disebut satu persatu.

Malay MelodiesDalam pelaksanaannya Malay Music Institute yang menjadi rekan kerjasama dalam kegiatan ini juga menyiapkan beberapa kegiatan pendukung sebegai berikut :

  • Music Appreciation For Children
  • Senimar Talk Series For Educational
  • Workshop Music
  • Talkshow : Cakap-Cakap Musik di Radio dan Tv Lokal
  • WorldMusic Goes to Mal
  • Riau Hitam-Putih International : Showcase Festival
  • Carnival Show
  • MMI Perdana dan Memorial Award
  • MMI Community Paper

Kegiatan-kegitan pendukung ini dianggap sangat penting guna mencapai tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini baik dalam bidang edukasi seni musik tradisi Melayu Riau, event pariwisata maupun dalam bidang industri ekonomi kreatif yang bernilai seni budaya.

Festival Worldmusic yang ditaja Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan berkerjasama dengan Malay Music Institute ini pun telah banyak memberikan dampak pada perkembangan musik di bumi Lancang Kuning ini. Melahirkan grup-grup musik yang karya musiknya mengakar pada seni tradisi Melayu Riau, serta meningkatkan minat seniman musik untuk lebih menggali musik tradisi dan mengembangkannya menjadi lebih dinamis serta dapat diterima dikalangan generasi muda Melayu Riau adalah bukti nyata yang tak dapat dinafikan dari pelaksanaan event ini.

Bukan saja menjadikan musik Melayu sebagai tuan rumah di negeri sendiri, membuat musik Melayu lebih mendunia adalah cita-cita dari pelaksanaan festival ini. Dan dengan dukungan dari semua pihak, tentu saja Riau Hitam-Putih International akan terus bertumbuh yang tidak saja menjadi benteng kesenian tradisi dalam bidang musik namun juga menjadi salah satu corong musik tradisi Melayu Riau di pentas musik dunia serta menjadi event pariwisata yang memberikan dampak pada ekonomi masyarakat Melayu Riau (HSH)